Selama kehamilan, persiapan nutrisi dan medis perlu juga dilengkapi dengan persiapan mental, energi dan spiritual.  Perjalanan indah menjadi ibu, bila diiringi kebahagiaan dan kejujuran, akan membentuk anak sehat lahir batin.  Berikut 7 tips perjalanan ibu dan bayi yang ramah jiwa dan penuh cinta:

1.    Air Putih

Banyak fungsi tubuh penting tergantung kecukupan air. Minumlah air putih yang cukup setiap hari, patokan air putih dalam sehari (ml) = 33 x berat badan dalam kg.

2.    Napas Selaras

Ambil posisi duduk / berbaring rileks. Pejamkan mata. Hirup napas dari hidung selama 5 hitungan, lalu hembuskan selama 5 hitungan. Teruskan bernapas teratur, pusatkan perhatian di tengah dada, hingga 5-10 menit. Setelah itu rileks dan perhatikan segala rasa di dalam diri, sebelum lanjutkan aktivitas.

3.    Sentuhan Hangat Penuh Cinta

Nikmati pelukan hangat secara teratur bersama suami tercinta. Anggaplah vitamin kasih sayang yang penting setiap hari. Bisa sambil berdansa mesra diiringi musik yang menghangatkan hati.  Ini melancarkan hormon cinta – oksitosin yang penting untuk seluruh fase hamil, melahirkan, menyusui dan bonding dengan bayi.

4.    Gerak Tubuh

Koneksi sadar antara diri dengan tubuh sangatlah penting. Pilih olahraga yang suportif untuk kehamilan, seperti belly dancing, yoga, taichi, jalan kaki. Lakukan teratur untuk menjaga energi Anda, merawat janin, serta untuk persalinan yang lancar.

5.    Komunikasi Pra-Lahir

Pembentukan jiwa bayi sudah dimulai sejak di dalam rahim. Rajinlah berkomunikasi baik secara lisan atau dalam hati ke janin Anda. Ini membantu bonding serta memperkuat intuisi ibu yang penting sekali untuk diasah.

6.    Napak Bumi

Luangkan 30-60 menit setiap hari, untuk menyentuhkan kedua telapak kaki tanpa alas, ke permukaan bumi (earthing). Ini menyeimbangkan kadar hormon, meningkatkan kualitas istirahat, serta mengurangi nyeri dan radang. Di filosofi penyembuhan Timur, energi bumi identik dengan energi feminin/ibu.

7.    Hidup Sepenuhnya & Sejujurnya

Studi psikologi menunjukkan kebahagiaan kita optimal saat kita dikelilingi oleh hubungan yang sehat. Jadilah diri sendiri, jalin kedekatan dengan mereka yang suportif, senantiasa hidup jujur, dan selalu rayakan hidup. Perjalanan menjadi ibu adalah momen sakral sekaligus penuh kebahagiaan.

 

Reza Gunawan – praktisi kesehatan holistik & gentle birth